karangbaru[at]acehtamiangkab.go.id

Aceh Tamiang – Humas : Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang saat ini tengah gencar dalam mendongkrak kemajuan Pariwisata yang ada di Aceh Tamiang. Beberapa waktu lalu kunjungan ke wilayah hulu Tamsar 27 dan Negeri di Atas Awan yang berada di Kampung Bengkelang Kecamatan Bandar Pusaka telah dilakukan oleh Bupati Aceh Tamiang. Pada hari ini, Rabu (12/02/20) Wakil Bupati Aceh Tamiang T. Insyafuddin, ST melakukan kunjungan peninjaun ekowisata, tepatnya di Bagian Hilir wilayah Aceh Tamiang Kampung Pusung Kapal Kecamatan Seruway. Disana, sebelumnya telah ada tempat wisata yang bernama “Rumah Tuntong Laut” sebagai tempat penangkaran tuntong yang juga menjadi salah satu upaya dalam melestarikan satwa langka yang cuma ada di Aceh Tamiang.

Peninjaun ini, dilakukan Wabup bersama dengan Dandim, FM Pertamina Rantau dan Jajarannya, Camat Seruway dan Forkopimcam dan Kabag Humas, serta diikutsertakan juga Unsur Pemetaan dari Badan Perencanan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Aceh Tamiang. Target yang direncanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, pada tahun 2021 semua objek wisata yang menjadi primadona di Aceh Tamiang akan dibangun dengan maksimal.

Untuk tahap awal, sebagai penunjang agar wisatawan baik lokal maupun dari luar wilayah Aceh Tamiang berkunjung ke Kampung Pusung Kapal, direncanakan akan dibangun jalan terlebih dahulu dengan panjang 2.5 Km. Pembangunan ini sementara menggunakan dana desa.

Selain Rumah Tuntong Laut, Pemkab Aceh Tamiang juga berkomitmen untuk mengembangkan wisata manggrove. Bersama Pertamina melalui dana CSRnya lokasi tersebut akan dibangun “Jungle Track” yang nantinya para pengunjung bisa menikmati keindahan Hutan Manggrove dimana didalamnya memikili flora dan fauna yang khas dengan nuansa alam yang mempesona. (Des)