karangbaru[at]acehtamiangkab.go.id

Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn, berpose bersama usai melepas mahasiswa KKN Unsyiah ke 18 lingkup Kecamatan Karang Baru, kembali ke kampus mereka, Sabtu (8/2/2020), di Aula Setdakab. [dok. Humas 2020]

 

Aceh Tamiang – Humas: Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn, mengapresiasi program-program kerja selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Hal ini disampaikannya ketika melepas kepulangan mahasiswa program KKN Universitas Syiah Kuala ke 18 di lingkup Kecamatan Karang Baru, Sabtu (8/2/20) sore di Aula Setdakab.

Bupati Mursil mengatakan, meski tidak melihat langsung kegiatan para mahasiswa, namun dirinya banyak mendapatkan laporan perihal program kerja mahasiswa selama masa KKN.

“Saya memang tidak melihat langsung kegiatan mahasiswa. Tapi tiap kali saya turun ke lapangan, saya selalu melihat kehadiran mahasiswa. Ketika bertakziyah, ada. Ketika saya undangan, ada. Bahkan sampai ketika saya naik ke Negeri di Atas Awan, Bengkelang sana, ada juga mahasiswa hadir,” sebutnya.

“Khususnya ketika ada pesta, saya kira ini perbaikan gizi bagi mahasiswa, ya,” bebernya lagi yang disambut geer tawa seluruh hadirin.

Disebutkan Bupati, banyak program kerja yang memiliki nilai kemanfaatan bagi masyarakat. Karenanya, ia meminta kepada Camat, para Datok Penghulu dan SKPK untuk menilai program kerja unggulan di tiap kampung. Program-program unggulan ini nantinya akan dikaji. Apabila memenuhi unsur kelayakan, maka program tersebut akan dilanjutkan menggunakan Dana Desa.

“Program-program unggulan yang bagus dan memiliki nilai manfaat yang tinggi bagi masyarakat akan kita teruskan menjadi program pembangunan desa yang kelanjutannya dianggarkan dengan Dana Desa” timpal Bupati.

Ditegaskan Bupati, sebenarnya pembangunan daerah dan nasional memiliki konektivitas yang erat dengan perguruan tinggi. Ini supaya pembangunan yang dikerjakan terus berkesinambungan karena didukung riset dan kajian kampus yang mendukung pembangunan tersebut.

Secara khusus Bupati Mursil mengatakan, ia akan minta Rektor Unsyiah untuk mengirimkan kembali mahasiswa KKN ke Aceh Tamiang guna mendukung program-program pembangunan daerah di Bumi Muda Sedia.

Sebelumnya, Vivi Silvia, selaku Koordinator KKN Unsyiah di Kecamatan Karang Baru menyampaikan, tema besar KKN Unsyiah ke 18 adalah Peningkatan Perekonomian Masyarakat Perdesaan. Karenanya, setiap program kerja mahasiswa selama KKN diarahkan untuk mendukung peningkatan ekonomi.

Acara pelepasan mahasiswa berlangsung sederhana. Tampak hadir Kabag Kesra yang merangkap Koordinator KKN Kabupaten Aceh Tamiang, Yetno, Kabag Humas, Agusliayana Devita, Camat Karang Baru, Iman Suhery, para Kepala Mukim, Datok Penghulu, pada dosen pembimbing dan pendamping, serta 187 mahasiswa KKN Unsyiah se-Karang Baru. [zuw]