karangbaru[at]acehtamiangkab.go.id

 

Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn, tampak memungut sampah plastik saat meninjau lokasi ekowisata Tamsar 27, Kamis (6/2/2020), di Kampung Bengkelang, Bandar Pusaka. [dok. Humas 2020] 

 

Karang Baru, Program beras sejahtera atau Raskin (beras miskin), kini beralih ke bantuan pangan non tunai (BPNT) di 2018. Kasie Kesra & SI kecamatan karang baru menjelaskan peralihan itu berdasarkan keputusan Dinas Sosial kabupaten aceh tamiang nomor : 460/1831/2018 tanggal 05 oktober 2018 dimana masyarakat dibukakan rekening khusus sistem kartu penerima manfaat (KPM).

Adanya sistem tersebut petugas kecamatan akan terbebas dari fitnah tudingan penyalahgunaan raskin, kini fungsi kecamatan dan pemerintahan kampung hanya mengkoordinir warga penerima bantuan pangan non tunai.

Ditambahkan lagi camat karang baru Zulfiqar, SP , sistem baru tersebut mulai dinikmati penerima manfaat bulan depan artinya mereka tidak lagi menerima jatah beras bulog melalui kantor kecamatan karang baru.

Dengan kartu KPM yang meyerupai kartu ATM bantuan akan mudah disalurkan kepada masyarakat yang ada dikampung pada wilayah kecamatan karang baru, jadi dengan adanya kartu KPM warga tinggal datangi toko yang bekerja sama dengan pihak Bank BRI di masing-masing unit dikampung.

(Kesra & SI )